SMK Krida Wisata, sekolah menengah kejuruan perhotelan yang terletak di Jln. Urip Sumoharjo Gang Prajurit No. 1, Bandar Lampung, ternyata memiliki banyak keunikan. Selain bentuk bangunan khas Bali dengan dengan bata expose, konsep pendidikannya mengutamakan kompetensi siswa di bidangnya.


Berbagai prestasi telah ditorehkan di kancah nasional maupun daerah dalam berbagai Lomba Keterampilan Siswa. Meski terbilang muda dalam usia berdirinya, sekolah ini pun telah mencetak tenaga profesional dan handal dan telah banyak terserap didunia kerja.


Tahun 2015 ini tercatat, dua prestasi telah dibukukan para siswanya, yakni dalam lomba LKS ( lomba Keterampilan Siswa) tingkat nasional di Jakarta baru-baru ini, antara lain meraih Juara Tingkat Lomba LKS (Keterampilan Siswa) 2015 Bidang Servis Hotel dan Tata Boga.


Keunikan sekolah ini juga tampak pada sistem praktek piket pada unit produksi Edotel Krida Wisata. Edotel yang dimaksud adalah Education Hotel, hotel traning yang memang dibuka sebagai penginapan umum. Dalam konsep edotel ini siswa diajak atau dilatih dengan praktek kerja langsung di hotel tersebut.


Bagi jurusan tata boga mereka mendapat jadwal piket di dapur hotel untuk melayani kebutuhan makan dan minum tamu. Bagi jurusan perhotelan mereka mendapat jadwal untuk piket publik service maupun Front office. Publik service yang dimaksud adalah piket laundry, room service, bahkan hingga cleaning service.


Karena edotel hal yg terpisahkan dari SMK itu sendiri, memungkinkan hal ini menjadi kegiatan menghasilan dana untuk oprasional sekolah sehingga siswa yang belajar disana tidak perlu membayar SPP.


Selain Piket praktek pada hari-hari tertentu, siswa pun melakukan praktek kerja di luar sekolah. Baik di hotel ternama di sekitar Bandar lampung atau perusaan jasa catering yang biasa disebut oleh para siswa SMK Krida Wisata dengan casual. Casual yang dimaksud adalah praktik kerja di luar sekolah dan mendapat fasilitas  uang saku untuk para siswa yang di berikan oleh perusahaan dimana siswa tersebut praktek.


Selain itu, pada tingkatan kelas tertentu siswa diberi kesempatan magang di hotel-hotel jaringan sekolah di seluruh Indonesia. Misalnya hotel di Anyer, Yogyakarta, Bali dan lain sebagainya. Hal ini tidak menutup kemungkinan saat dalam proses magang siswa yang berprestasi  baik akan langsung di minta untuk bekerja di tempat maganya saat mereka selesai menjalani masa pendidikan.


“Siswa-siswi di sekolah ini kami anggap seperti anak kami sendiri,” ungkap Kepala Sekolah SMK Krida Wisata, Dra. Chr. I Gusti Ayu Chandrawasih, Spd, Mpd kepada Saibumi.com. Para siswa SMK Krida Wisata menyapa Kepseknya ini dengan panggilan “Ibu Ayu”.


“Kekeluargaan yang dibangun dalam sekolah ini menjadikan kami, saling mengasah, mengasihi dan mengasuh” lanjut ibu Ayu. Banyak siswa yang telah dibantu ibu Ayu dan Bapak Nyoman Giri (Penggagas SMK Krida Wisata) secara pribadi. Baik itu disalurkan ke dunia kerja ataupun di sekolahkan ketingkat yang lebih lanjut. Hal inilah yang menjadikan sekolah SMK Krida Wisata ini semakin unik. 




Sumber: www.saibumi.com


http://www.saibumi.com/artikel-65209-smk-krida-wisata-sekolah-unik-dan-banyak-prestasi.html#ixzz4ZwOooASv